(ARAB) PDF Ash-haabur-Rasuul – Sahabat-Sahabat Nabi (Karya Syaikh Mahmud al-Mishri)

  • 2 min read
  • May 05, 2020

(ARAB) PDF Ash-haabur-Rasuul – Sahabat-Sahabat Nabi (Karya Syaikh Mahmud al-Mishri)

Ebook arabic maksudnya ebook nya berbahasa arab. Berikut ini adalah eBook GRATIS biografi Sahabat Nabi karya Syaikh Mahmud al-Mishri.
Ash-haab adalah jamak dari kata Shaahib (sahabat)
Ar-Rasuul adalah Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wa sallam

Judul Asli: Ash-habur Rasul Shallallahu Alaihi wa Sallam Tarjamah Haqiqiyyah Li Aktsar min 100 Shahabiy

أصحاب الرسول صلى الله عليه وسلم ترجمة حقيقية لأكثر من 100 صحابي

Download link: https://archive.org/details/way2sona_20161115_2144/mode/2up
EBOOK-ASH-HAABUR-RASUUL-MAHMUD-AL-MISHRY

Para Sahabat Nabi Shallallahu ‘alayhi wa sallam adalah manusia biasa seperti kita, bukan dari golongan jin ataupun malaikat, tapi mereka adalah manusia terbaik yang langsung mendapatkan didikan Nabi kita yang Mulia, Shallallahu ‘alayhi wa sallam.
Mereka memiliki keimanan yang kuat melebihi baja, ketaatan yang mutlak tiada tara, hati yang jernih dan dipenuhi keikhlasan, dan merekalah orang-orang yang tulus cintanya kepada Allah dan utusan-Nya (Shallallahu ‘alayhi wa sallam), bahkan melebihi cinta mereka kepada Nabi Shallallahu ‘alayhi wa sallam melebihi cinta mereka terhadapan apapun di dunia ini.

Pengorbanan dengan penuh totalitas dan kesungguhan untuk Allah dan Rasul-Nya, namun tetap dihiasi sifat tawadhu’ dan rasa penuh harap dan cemas kepada Rabbul ‘Aalamin, walau mereka dijamin surga, tapi tidak lantas terlena sombong dan mengangkat dagu. Maka, sangatlah pantas jika mereka mendapat kemuliaan sebagai status Sahabat-Sahabat Nabi Shallallahu ‘alayhi wa sallam, menjadi golongan manusia terbaik, yang tidak akan dicapai oleh siapapun dan kapanpun.

Kita bukan mereka, bukan berarti kita tak bisa mencontoh mereka. Kisah mereka adalah sebaik-baik kisah yang patut dijadikan contoh bagaimana beragama islam dengan sebaik-baiknya.
Kalau membaca buku terjemahan nya saja bisa membuat hati yang lemah ini berguncang, membuat yang kering ini berderai air mata, seakan langsung menyaksian keharuan kisah heroik mereka, merindukan kemesraan mereka dengan Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wa sallam, yang tentunya juga membuat kita rindu bertemu Rasul Shallallahu ‘alayhi wa sallam, lantas….. bagaimana lagi jika kita membaca nya dengan bahasa asli penulis nya, bahasa Arab, yang memiliki keindahan sastra tersendiri.

Dan bagi yang belum mampu membacanya, semoga ini juga menjadi pecutan motivasi untuk mulai belajar bahasa arab, atau mengulang kembali pelajaran bahasa arab yang sudah pudar bahkan hampir tak membekas.

Di Indonesia, kitab ash-haabur-rasuul ini sudah diterjemahkan berbagai penerbit, diantaranya adalah

“Sahabat-Sahabat Rasulullah” – Pustaka Ibnu Katsir
“Biografi Sahabat Nabi” – (Penerbit) Zam-Zam
“Biografi 104 Sahabat Nabi” – (Penerbit) Insan Kamil
“Ensiklopedi Sahabat – Pustaka Imam asy-Syafii

Selamat men-download, selamat membaca. Baarakallahu fiikum.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *