Gambar Islami: Surat An-Najm Ayat 32 – Jangan Sok Suci Pada Diri Sendiri

  • 1 min read
  • May 18, 2020

Imam Asy-syaukani rahimahullah berkata:

لَا تمدحوها ولا تُبَرِّئُوهَا عن الْآثَام
وَلَا تُثْنُوا عليها،فَإِنَّ ترك تزكية النفوس
أَبْعَدُ من الرِّياء وأقرب إِلى الخشوع

Janganlah memuji dirimu sendiri dan menganggapnya telah suci dari dosa. Dan jangan menyanjung diri sendiri karena menganggap diri telah suci, lebih jauh dari riya dan lebih dekat kepada Khusyu.”
(Tafsir Syaukani)

An-Najm ayat 32: Jangan Merasa Sok Suci Pada Diri Sendiri
Itulah akhlak yang Allah ajarkan kepada rasul-Nya…
Agar tidak tertipu dengan banyaknya amal saleh…
Dan selalu waspada terhadap akibat buruk dari dosa…
Karena dosa seringkali menyeret kepada dosa lainnya..
Dan mendatangkan kesialan dalam kehidupan…

via IG @ub_cintasunnah

Intinya adalah jangan sok suci, karena amalan shalih yang kita lakukan pun (kalau kita merasa sudah banyak), tidak ada apa-apanya dibandingkan orang-orang shalih terdahulu, dan belum tentu semua amalan shalih kita diterima. Dengan perasaan seperti ini maka kita akan terus melakukan perbaikan diri dan terus memperbaiki niat agar tidak salah niat dalam beramal shalih.
Dan meninggalkan perasaan “sok suci” juga akan menyelamatkan kita dari kesombongan dan merendahkan orang lain, yang mungkin (menurut pengetahuan kita yang terbatas) belum bisa beramal seperti atau sebanyak yang sudah kita lakukan.
Dan jangan pernah sok suci karena merasa sudah banyak amal shalih, karena semua itu semata-mata nikmat dari Allah Subhaanahu wa ta’aalaa yang dengan segala nikmatnya kita tidak sanggup menghitungnya.

Link ke postingan ini: https://lakumkitab.com/gambar-islami-surat-an-najm-ayat-32-jangan-sok-suci-pada-diri-sendiri/202006/

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *