Hadits Senyum Itu Ibadah

  • 3 min read
  • Jun 03, 2020

Apa benar ada dalil nya dari hadits bahwa senyum itu ibadah?

HADITS Senyum Adalah Sedekah

Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تَبَسُّمُكَ فِى وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ

“Senyum mu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu“[1].

Bayangkan indahnya islam, senyum Anda di hadapan saudara Anda (sesama muslim, atau sesama muslimah) bernilai sedekah untuk Anda di sisi Allah Subhaanahu wa ta’aalaa. Ibadah senyum adalah paling ringan yang bisa dilakukan setiap muslim.

Hadits yang agung ini menunjukkan keutamaan tersenyum dan menampakkan muka manis di hadapan seorang muslim, yang hadits ini semakna dengan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits yang lain, “Janganlah sekali-kali engkau menganggap remeh suatu perbuatan baik, meskipun (perbuatan baik itu) dengan engkau menjumpai saudaramu (sesama muslim) dengan wajah yang ceria“[2].

Mutiara hikmah yang dapat kita petik dari hadits ini:

– Menampakkan wajah ceria dan berseri-seri ketika bertemu dengan seorang muslim akan mendapatkan ganjaran pahala seperti pahala bersedekah[3].

– Keutamaan dalam hadits ini lebih dikuatkan dengan perbuatan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri, sebagaimana yang disebutkan oleh sahabat yang mulia, Jarir bin Abdullah al-Bajali radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah melarangku untuk menemui beliau sejak aku masuk Islam, dan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah memandangku kecuali dalam keadaan tersenyum di hadapanku“[4].

– Menampakkan wajah manis di hadapan seorang muslim akan meyebabkan hatinya merasa senang dan bahagia, dan melakukan perbuatan yang menyebabkan bahagia nya hati seorang muslim adalah suatu kebaikan dan keutamaan[5].

Jadi, mau mulai senyum (sebagai bentuk ibadah) dimulai dari hari ini?
Dan ingat juga, jangan sampai ketika kita sedang melihat muslim lain yang jarang tersenyum, lantas membuat kita berburuk sangka, “wah orang ini ga tau ya kalau senyum ibadah, kok ga pernah senyum“. Karena segelintir orang ada yang seperti itu. Nah, seperti ini tidak boleh juga.

Lanjutan mutiara faidah di atas.

– Imam adz-Dzahabi menyebutkan faidah penting sehubungan dengan masalah ini, ketika beliau mengomentari ucapan Muhammad bin Nu’man bin Abdussalam, yang mengatakan, “Aku tidak pernah melihat orang yang lebih tekun beribadah melebihi Yahya bin Hammad[6], dan aku mengira dia tidak pernah tertawa”. Imam adz-Dzahabi berkata, “Tertawa yang ringan dan tersenyum lebih utama, dan para ulama yang tidak pernah melakukannya ada dua macam (hukumnya):

Pertama: (bisa jadi) merupakan kebaikan bagi orang yang meninggalkannya karena adab dan takut kepada Allah, serta sedih atas (kekurangan dan dosa-dosa yang ada pada) dirinya.

Kedua: (bisa jadi) merupakan celaan (keburukan) bagi orang yang melakukannya (tidak mau tersenyum) karena kedunguan, kesombongan, atau sengaja dibuat-buat. Sebagaimana orang yang banyak tertawa akan direndahkan (diremehkan orang lain).

Dan tidak diragukan lagi, tertawa pada diri pemuda lebih ringan (dilakukan) dan lebih dimaklumi dibandingkan dengan orang yang sudah tua.

Adapun tersenyum dan menampakkan wajah ceria, maka ini lebih utama dari semua perbuatan tersebut (di atas). Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Senyum mu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu“.
Dan Jarir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhu berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah memandangku kecuali dalam keadaan tersenyum“.

Inilah akhlak (mulia) dalam Islam, dan kedudukan yang paling tinggi (dalam hal ini) adalah orang yang selalu menangis (karena takut kepada Allah) di malam hari dan selalu tersenyum di siang hari.

(Dalam hadits lain) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kamu tidak akan mampu berbuat baik kepada semua manusia denga hartamu, maka hendaknya kebaikanmu sampai kepada mereka dengan keceriaan (pada) wajahmu“[7].

Dan inget juga, jangan sampai kelebihan senyum, terus malah tertawa terbahak-bahak, apalagi ngakak, ini sudah kelewatan dari senyum yang dianjurkan.

Ada hal lain (yang perlu diingatkan) di sini, (yaitu) sepatutnya bagi orang banyak tertawa dan tersenyum untuk menguranginya (agar tidak berlebihan), dan mencela dirinya (dalam hal ini), agar dia tidak dijauhi/dibenci orang lain. Demikian pula sepatutnya bagi orang yang (suka) bermuka masam dan cemberut untuk tersenyum dan memperbaiki tingkah lakunya, serta mencela dirinya karena buruknya tingkah lakunya, maka segala sesuatu yang menyimpang dari (sikap) moderat (tidak berlebihan dan tidak kurang) adalah tercela, dan jiwa manusia mesti sungguh-sungguh dipaksa dan dilatih (untuk melakukan kebaikan)”[8].

Penulis: Ustadz Abdullah Taslim, MA.

Artikel www.muslim.or.id

[1] HR at-Tirmidzi (no. 1956), Ibnu Hibban (no. 474 dan 529) dll, dinyatakan shahih oleh Ibnu Hibban, dan dinyatakan hasan oleh at-Tirmidzi dan syaikh al-Albani dalam “ash-Shahihah” (no. 572).

[2] HSR Muslim (no. 2626).

[3] Lihat kitab “Tuhfatul ahwadzi” (6/75-76).

[4] HSR al-Bukhari (no. 5739) dan Muslim (no. 2475).

[5] Lihat kitab “Tuhfatul ahwadzi” (5/458).

[6] Beliau adalah seorang Imam besar yang terpercaya dalam meriwayatkan hadits (wafat 215 H), biografi beliau dalam kitab “Siyaru a’laamin nubala’” (10/139) dan “Taqriibut tahdzib” (hal. 545).

[7] HR al-Hakim (1/212) dll, hadits ini sangat lemah, dalam sanadnya ada Abdullah bin Sa’id al-Maqburi, dia seorang yang sangat lemah dan ditinggalkan riwayatnya, sebagaimana ucapan adz-Dzahabi dan Ibnu Hajar dalam “Taqriibut tahdzib” (hal. 256). Lihat “adh-Dha’iifah” (no. 634).

[8] Kitab “Siyaru a’laamin nubala’” (10/140-141).

Sumber: https://muslim.or.id/3421-keutamaan-tersenyum-di-hadapan-seorang-muslim.html

 

 

5 days ago

Doa Agar Terbebas/Bisa Melunasi Hutang (Doa ke-2)

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ
.
Allaahumma innii a’uudzu bika minal ma’tsami wal maghrom.

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari berbuat dosa dan sulitnya utang” .
.
(HR. Bukhari no. 2397 dan Muslim no. 5).
.
Semoga bermanfaat, Barakallah Fiikum
.
#haloustadz #doalunashutang #doamelunasihutang #hutanglunas #hutangwajibdibayar #lunasihutang #sunnah #muslim #hijrah #taubat #taubatters #taubatnasuha #doadoa #dzikir #dzikirdoa #hijrahyuk #bahagiaitusederhana #sahabat #bersyukurselalu

6 days ago

Hukum "ShopeePay Later"

6 days ago

"Perokok ini kesihan sekali..."
Terkadang, ini yang ada di benak kami ketika melihat para perokok, betapa banyak orang yang mereka zhalimi dengan asap rokok nya tanpa mereka sadari....
.
Berapa banyak orang yang menuntut mereka di hari kiamat kelak?
1 batang bisa 3-10 menit, bisa mengganggu 2-10 meter di sekitar, berapa banyak yang nanti menuntut kezhaliman mereka di hari perhitungan nanti?
.
Cara berhenti merokok mudah, kenali keburukannya, ingat-ingat resikonya di dunia & akhirat...
.
Semoga Allah beri hidayah kepada kaum muslimin di negri ini dan seluruh dunia...
#stopsmoking #stopsmokingnow #berhentimerokok #caraberhentimerokok #rokokmembunuhmu #rokokmembunuh #rokokituharam ... See more

6 days ago

Doa Agar Hutang Lunas

اَللَّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ
.
Allaahummakfinii bihalaalika ‘an haroomika, wa aghninii bifadhlika ‘amman siwaak.
.
“Ya Allah, cukupilah aku dengan rezeki-Mu yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram. Jadikanlah aku kaya dengan karunia-Mu (hingga aku tidak minta) kepada selain-Mu”.
.
(HR. Abdullah bin Ahmad dalam Zawa-idul Musnad No. 1319; At-Tirmidzi No. 3563 dan Al-Hakim 1/537. At-Tirmidzi mengatakannya sebagai hadis hasan, dan dihasankan pula oleh Syaikh Al-Albani. Sedangkan Al-Hakim mensahihkannya).
.
Semoga ... See more

6 days ago
Doa Agar Hutang Lunas - Toko Buku Islam Online | Lakumkitab

Doa Agar Hutang Lunas Topik tentang cara cepat melunasi hutang ini adalah salah satu topik yang paling banyak dicari netizen di tanah air, dan terkhusus kaum muslimin, yang tentunya meyakini Doa adalah kekuatan seorang muslim, maka dia akan berusaha sekuat tenaga dan berdoa semampu yang dia bisa, agar hutang lunas dengan cepat. Doa Agar Terbebas/Bisa Melunasi Hutang (Doa ke-1) [ 124 more words ]
https://lakumkitab.com/doa-agar-hutang-lunas/202008/

Doa Agar Hutang Lunas Topik tentang cara cepat melunasi hutang ini adalah salah satu topik yang paling banyak dicari netizen di tanah air, dan terkhusus kaum muslimin, yang tentunya meyakini Doa adalah kekuatan seorang muslim, maka dia akan berusaha sekuat tenaga dan berdoa semampu yang dia bisa, ag...

1 week ago
Photos from Lakumkitab's post

Rahasia Bacaan "aamiin" di dalam shalat...
Dan Yahudi benci ucapan aamiin ini....
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
[ ☪ RAHASIA SHALAT - Menyingkap Makna dan Hikmah Setiap Bacaan dan Gerakan Shalat dari 🔺 Takbiratul Ihram Hingga Salam 🔻 ]

⚠ Entah sudah berapa ribu kali kita mengerjakan shalat selama ini. Entah sudah berapa ratus ribu kali kita berdiri, ruku’, sujud, duduk, bertakbir, membaca al-Fatihah, bertasbih, bertahmid, beristighfar, bertasyahud, bershalawat, dan berdo’a dalam shalat kita.
Tetapi yang penting kita pertanyakan, ⚠
❓ Pernahkah kita menghitung berapa kali kita terhanyut dalam suasana khusyu’ dan nikmat?
❓ Berapa kali kita ... See more

1 week ago
BUKU-BUKU ISLAM

Bimbingan Syar’i Praktis Bagi Pasien Dan Tenaga Medis
Judul: Bimbingan Syar’i Praktis Bagi Pasien Dan Tenaga Medis

Penulis: Dr. Hani bin Abdullah al-Jubair

Ukuran: 14,5 x 21 cm
Jumlah Hlm.: vi+126 hal.

=====================

Setiap orang tentu mengharapkan dirinya sehat walafiat dan tidak mengalami sakit. Namun sakit merupakan sunatullah yang telah digariskan oleh Tuhan Yang Mahabijaksana terhadap setiap makhlukNya, sehingga tak ada yang bisa menghindar dari ketentuanNya ini.
Islam, sebagai agama yang sempurna, sangat memerhatikan kemaslahatan manusia, hukum-hukumnya senantiasa disesuaikan dengan setiap kondisi yang dialami manusia, sehingga saat manusia dalam kondisi sakit, Islam ... See more

1 week ago

Bimbingan Syar’i Praktis Bagi Pasien Dan Tenaga Medis
Judul: Bimbingan Syar’i Praktis Bagi Pasien Dan Tenaga Medis

Penulis: Dr. Hani bin Abdullah al-Jubair

Ukuran: 14,5 x 21 cm
Jumlah Hlm.: vi+126 hal.

=====================

Setiap orang tentu mengharapkan dirinya sehat walafiat dan tidak mengalami sakit. Namun sakit merupakan sunatullah yang telah digariskan oleh Tuhan Yang Mahabijaksana terhadap setiap makhlukNya, sehingga tak ada yang bisa menghindar dari ketentuanNya ini.
Islam, sebagai agama yang sempurna, sangat memerhatikan kemaslahatan manusia, hukum-hukumnya senantiasa disesuaikan dengan setiap kondisi yang dialami manusia, sehingga saat manusia dalam kondisi sakit, Islam ... See more

1 week ago

📦 Pengiriman 4 Paket Dzikir Pagi-Petang Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas ke Curug, Serang, Banten...
Mau beli juga? Klik di sini https://www.tokopedia.com/lakumkitab/buku-ustadz-yazid-dzikir-pagi-petang-dan-zikir-sesudah-shalat-fardhu
.
Atau langsung ke WA http://wa.me/6281372727779

1 week ago

💎 Tawadhu 💎
Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.

Tawadhu adalah sifat yang amat mulia, namun sedikit orang yang memilikinya. Ketika orang sudah memiliki gelar yang mentereng, berilmu tinggi, memiliki harta yang mulia, sedikit yang memiliki sifat kerendahan hati, alias tawadhu. Padahal kita sepatutnya mencontoh sikap para Ulama bagaimana sikap tawadhu Ulama bagaikan ilmu padi, yaitu “kian berisi, kian merunduk”.

Tawadhu adalah ridho jika dianggap mempunyai kedudukan lebih rendah dari yang sepantasnya. Tawadhu adalah sikap pertengahan antara sombong dan melecehkan diri. Sombong berarti mengangkat diri terlalu tinggi hingga lebih dari yang semestinya.

Lalu bagaimana cara kita ... See more

« 2 of 33 »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *