Kisah Utsman bin Affan: Kabar Gembira Syahid dan Surga

  • 2 min read
  • Apr 10, 2020

Kisah Utsman bin Affan: Kabar Gembira Syahid dan Surga

Berikut adalah sepotong kisah sahabat Nabi Shallallahu ‘alayhi wa sallam yang juga sekaligus menantu beliau Shallallahu ‘alayhi wa sallam , yakni Utsman bin ‘Affan.

Inilah kabar gembira untuk nya, yaitu dengan mati syahid, dan juga kabar gembira berupa balasan Surga dari manusia yang paling mulia, ash-Shadhiq al-Mashduuq, manusia yang tidak pernah bebicara berdasarkan hawa nafsu, yaitu Nabi Muhammad Shallallahu ‘alayhi wa sallam.

Kisah Utsman tentang kabar Syahid nya beliau radhiyallahu ‘anhu:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu  bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di atas Gunung Hira’, lalu gunung itu bergetar. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Tenanglah, karena di atasmu hanya ada seorang Nabi, ash-Shiddiq, dan para syahid.”

Di atas Gunung Hira itu ada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, Abu Bakar, ‘Umar, `Utsman, ‘Ali, Thalhah, az-Zubair, dan Sa’ad bin Abi Waqqash.

Diriwayatkan oleh Muslim (no. 50), kitab: Fadhaa-lush Shabaabab. Sumber: kisahislam.net

Kisah Utsman tentang Surga untuknnya

Imam Bukhari rahimahullah meriwayatkan di dalam Shahih-nya,

حَدَّثَنَا يُوسُفُ بْنُ مُوسَى حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ قَالَ حَدَّثَنِي عُثْمَانُ بْنُ غِيَاثٍ حَدَّثَنَا أَبُو عُثْمَانَ النَّهْدِيُّ عَنْ أَبِي مُوسَى رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ كُنْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي حَائِطٍ مِنْ حِيطَانِ الْمَدِينَةِ فَجَاءَ رَجُلٌ فَاسْتَفْتَحَ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ افْتَحْ لَهُ وَبَشِّرْهُ بِالْجَنَّةِ فَفَتَحْتُ لَهُ فَإِذَا أَبُو بَكْرٍ فَبَشَّرْتُهُ بِمَا قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَحَمِدَ اللَّهَ ثُمَّ جَاءَ رَجُلٌ فَاسْتَفْتَحَ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ افْتَحْ لَهُ وَبَشِّرْهُ بِالْجَنَّةِ فَفَتَحْتُ لَهُ فَإِذَا هُوَ عُمَرُ فَأَخْبَرْتُهُ بِمَا قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَحَمِدَ اللَّهَ ثُمَّ اسْتَفْتَحَ رَجُلٌ فَقَالَ لِي افْتَحْ لَهُ وَبَشِّرْهُ بِالْجَنَّةِ عَلَى بَلْوَى تُصِيبُهُ فَإِذَا عُثْمَانُ فَأَخْبَرْتُهُ بِمَا قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَحَمِدَ اللَّهَ ثُمَّ قَالَ اللَّهُ الْمُسْتَعَانُ

Yusuf bin Musa menuturkan kepada kami. Dia berkata; Abu Usamah menuturkan kepada kami. Dia berkata; Utsman bin Ghiyats menuturkan kepadaku. Dia berkata; Abu Utsman an-Nahdi menuturkan kepada kami dari
Abu Musa radhiyallahu’anhu, dia berkata,


“Dahulu aku bersama dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di dalam salah satu kebun di Madinah. 

Kemudian ada orang yang datang dan meminta ijin untuk masuk, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Bukakanlah gerbang untuknya dan beri kabar gembira kepadanya dengan surga.” Maka aku pun membukakan untuknya ternyata yang datang adalah Abu Bakar.
Kemudian aku kabarkan berita gembira yang disabdakan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam itu kepadanya. Maka dia pun memuji Allah.

Lalu datang lagi seorang lelaki yang meminta ijin untuk masuk, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Bukakanlah gerbang untuknya dan beri kabar gembira kepadanya dengan surga.” Maka aku pun membukakan untuknya ternyata yang datang adalah Umar.
Kemudian aku kabarkan berita gembira yang disabdakan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam itu kepadanya. Maka dia pun memuji Allah.

Lalu datang lagi seorang lelaki yang meminta ijin untuk masuk, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Bukakanlah gerbang untuknya dan beri kabar gembira kepadanya dengan surga beserta musibah yang akan menimpanya.” Ternyata lelaki itu adalah Utsman. Kemudian aku kabarkan berita gembira yang disabdakan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam itu kepadanya. Maka dia pun memuji Allah lalu berkata, “Allahul musta’aan (Allah adalah tempat meminta pertolongan).”

(HR. Bukhari dalam Kitab al-Manaqib). Sumber: https://kisahmuslim.com/

Referensi: Buku Ensiklopedi Sahabat (Biografi dan Profil Teladan 104 Sahabat Nabi Shallallahu ‘alayhi wa sallam Generasi Terbaik Umat Islam Sepanjang Masa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *