Kutipan Islami: Celaanmu Belum Cukup Banyak

  • 1 min read
  • May 29, 2020

Kutipan Islami: Celaanmu Belum Cukup Banyak

Berikut adalah kutipan islami yang sangat menyayat hati, bila merenungi ucapannya, dan membandingkannya dengan diri kita.

Celaanmu Belum Cukup Banyak

Berikut adalah ucapan dari Abu Shalih Hamdun bin Ahmad Al-Qashshar yang wafat 271 H di Naisabur.


عبد الله بن مبارك قال سفه رجل على حمدون فسكت حمدون عنه وقال يا أخي لو نقصتني كل نقص لم تنتقصني كنقصي عندي



`abdullahi ibnu mubaarakin qaala saffaha rajulin `alaa hamduuna fasakata hamduunu `anhu wa qaala yaa akhi, lau naqashtanii kulla naqshin lam tantaqishnii kanaqshii `indii

Abdullah bin Mubarak rahimahullahu berkata:
Ada orang yang membodoh-bodohkan (mencela) Hamdun, maka Hamdun hanya mendiamkannya, kemudian dia (Hamdun) berkata “Wahai Saudaraku, seandainya kamu mencelaku dengan semua celaan, kamu tidak akan mampu mencela sebagaimana aku mencela diriku sendiri“. (IV/122).


Dikutip dari buku “Ensiklopedi Hikmah – 606 Hikmah & Kisah Salaf – Intisari Kitab Shifatush-Shafwah” Penerbit Pustaka Arafah

Ini lah akhlak para generasi as-salaf ash-shaalih dan orang-orang yang berusaha mengikuti manhaj mereka. Ketika mereka dicela bukan sibuk membela diri, bahkan mereka merendahkan hati dan tetap tawadhu`, mereka lebih mengetahui kondisi mereka sendiri dibandingkan orang lain, sementara kita seringkali lupa akan kekurangan kita, tapi begitu teliti terhadap kekurangan saudara kita sesama muslim.

Semoga kutipan islam dari Hamdun Al-Qashshar ini bisa kita amalkan juga dan bisa membuat kita lebih bijak dalam menyikapi celaan orang lain terhadap diri kita.

 

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *