Ucapan: “ALLAHU YAHDIK!” Jangan Tersinggung

  • 1 min read
  • Mar 29, 2020

“Semoga Allah ﷻ memberimu hidayah…”.Syeikh Binbaz -rohimahulloh-:⁠
“Jangan tersinggung saat dikatakan kepadamu ‘ALLAHU YAHDIIK’ (semoga Allah memberimu hidayah). Karena kamu memang selalu membutuhkan hidayah,⁠ meski kamu orang yang paling bertakwa, meski kamu orang yang paling berilmu, kamu akan selalu membutuhkan hidayah sampai kamu mati.“⁠[Al-Fatawa 7/163]⁠
Diterjemahkan oleh :⁠Ustadz DR. Musyaffa’ Ad Dariny MA, حفظه الله

Jangan tersinggung dengan ucapan Allahu Yahdik
Jangan tersinggung dengan ucapan Allahu Yahdik

Mungkin ada yang bingung, kenapa tersinggung? Padahal makna “Allahu Yahdik” sangat bagus.

Sekedar info, bahwa guru bahasa arab kami (dan mungkin mayoritas guru bahasa arab) menjelaskan kepada murid-murid nya yang masih pemula, bahwa salah satu kebiasaan orang Arab kalo lagi marah banget, mereka mengucapkan ‘Allahu Yahdik’ (Semoga Allah Ta’ala memberikanmu hidayah). Jadi, marahnya mereka aja berbentuk do’a.

Tentunya orang Arab yang sudah mengenal islam dengan baik. Dan ini kebiasaan yang bagus banget, dibanding di Indonesia yang sering nya caci makin sumpah serapah dengan segala do’a keburukan atau kebun binatang diucapkan ketika seseorang sedang marah besar.

Nah, mungkin sebagian orang yang sudah mengetahui makna Allahu Yahdik, maka mereka akan tersinggung (misalnya selevel ustadz atau teman senior yang sudah lama mengaji). Nah, maka Syaikh Bin Baaz memberi nasihat seperti nasihat di atas. Dan memang faktanya kita selalu membutuhkan hidayah, jadi tidak perlu marah atau tersinggung.

Dikutip dari muslimah.or.id

Disebutkan bahwa salah satu sebab Syaikh Muqbil bin Hadi Al–Wadi’i rahimahullah menjadi seorang ulama besar ahlu sunnah adalah bahwa orang tuanya pernah marah besar kepadanya lantas mengucapkan, Allahu Yahdik. Kemudian Allah Ta’ala pun mengabulkan doa orang tua beliau sehingga kita mengenal beliau merupakan salah seorang ulama besar ahlu sunnah yang tidak tercemar lingkungan syi’ah zaidiyah.

“Lakumkitab” adalah “Toko Buku Islam Online” yang menyediakan buku-buku islam yang benar (shahih), buku-buku Ahlussunnah wal jama’ah, Ahlul-hadits, as-Salafus-Shaalih. Juga tersedia beberapa variasi produk lainnya.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *