(Video) Ceramah Singkat: Khutbah Iblis yang Menyentuh Hati – Ustadz Firanda Andirja

  • 4 min read
  • May 24, 2020

Ceramah Singkat: Khutbah Iblis yang Menyentuh Hati – Ustadz Firanda Andirja

KHUTBAH IBLIS YANG MENYENTUH HATI

Allah menyebutkan khutbah Iblis yang sangat menyentuh tersebut:

وَقَالَ الشَّيْطَانُ لَمَّا قُضِيَ الأمْرُ إِنَّ اللَّهَ وَعَدَكُمْ وَعْدَ الْحَقِّ وَوَعَدْتُكُمْ فَأَخْلَفْتُكُمْ وَمَا كَانَ لِي عَلَيْكُمْ مِنْ سُلْطَانٍ إِلا أَنْ دَعَوْتُكُمْ فَاسْتَجَبْتُمْ لِي فَلا تَلُومُونِي وَلُومُوا أَنْفُسَكُمْ مَا أَنَا بِمُصْرِخِكُمْ وَمَا أَنْتُمْ بِمُصْرِخِيَّ إِنِّي كَفَرْتُ بِمَا أَشْرَكْتُمُونِي مِنْ قَبْلُ إِنَّ الظَّالِمِينَ لَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ (٢٢)وَأُدْخِلَ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الأنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ (٢٣)

“Dan berkatalah syaitan tatkala perkara (hisab) telah diselesaikan: “Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepada kalian janji yang benar, dan akupun telah menjanjikan kepada kalian tetapi aku menyalahinya. sekali-kali tidak ada kekuasaan bagiku terhadap kalian, melainkan (sekedar) aku menyeru kalian lalu kalian mematuhi seruanku, oleh sebab itu janganlah kalian mencerca aku akan tetapi cercalah diri kalian sendiri. Aku sekali-kali tidak dapat menolong kalian dan kalian pun sekali-kali tidak dapat menolongku. Sesungguhnya aku tidak membenarkan perbuatan kalian yang mempersekutukan aku (dengan Allah) sejak dahulu”. Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu mendapat siksaan yang pedih”.
Dan dimasukkanlah orang-orang yang beriman dan beramal saleh ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya dengan seizin Tuhan mereka”
(QS Ibrahim : 22-23)

(Video) Ceramah Singkat: Khutbah Iblis yang Menyentuh Hati – Ustadz Firanda Andirja

Assalamu ‘alaykum Wa Rahmatullahi Wa Barakaatuhu
Alhamdulillah, wash-shalaatu was-salaamu `alaa rasuulillah
Pernahkan Anda tahu bahwasanya iblis laktanullah ‘alayhi suatu saat akan menyampaikan khotbah yang sangat menyentuh hati-hati manusia (saat mendengar khutbah iblis), yang akan menyentuh hati-hati para pengikutnya.
Kapan khotbah tersebut akan disampaikan oleh iblis?
Khutbah tersebut akan disampaikan oleh iblis pada saat yang sangat mengerikan, yakni pada hari yang sangat menegangkan.
Pada saat dimana neraka jahannam didatangkan oleh Allah Subhaanahu wa ta’aalaa

Allah berfirman:
wa jii-a yaumaidzin bijahannam, yauma idzin yatadzakkarul-insaanu wa annaa lahudz-dzikraa

Tatkala neraka jahannam didatangkan oleh Allah Subhaanahu wa ta’aalaa, dihadirkan dan dilihat oleh para pengikut iblis tatkala itu, dan tatkala itu merekapun ingat seluruh apa yang mereka lakukan
“yauma idzin yatadzakkarul-insaanu”
Hari ketika mereka (manusia) ingat apa yang mereka lakukan
wa annaa lahudz-dzikraa
akan tetapi tidak ada manfaatnya tatkala itu, penyesalan mereka, saat mereka ingat dosa-dosa mereka. Tidak ada harapan yang akan Allah berikan kepada mereka.

Ikhwatal-iimaan
Allah Subhaanahu wa ta’aalaa menyebutkan tentang khutbah iblis tersebut dalam firmannya

wa qaalasy-syaithaanu lamma qudhiyal-amru, innallaha wa`adakum wa`adal-haqq.

Sesungguhnya syaithan sang iblis, dia berkhutbah tatkala Allah telah menghisab seluruh hamba, telah diputuskan perkaranya, tatkala penduduk surga telah dikumpulkan dan penduduk neraka telah dikumpulkan bersama iblis.
Apa kata iblis?
Al-Hasan Al-Bashri rahimahullah berkata :


إِذَا كَانَ يَوْمُ الْقِيَامَةِ ، قَامَ إِبْلِيْسُ خَطِيْبًا عَلَى مِنْبَرٍ مِنْ نَارٍ ، فَقَالَ: إِنَّ اللهَ وَعَدَكُمْ وَعْدَ الْحَقِّ وَوَعَدْتُكُمْ فَأَخْلَفْتُكُمْ


“Tatkala hari kiamat Iblis berdiri di atas sebuah mimbar dari api lalu berkhutbah seraya berkata, “Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan akupun telah menjanjikan kepadamu tetapi aku menyalahinya…” (Tafsiir At-Thobari 16/563)

“idzaa kaana yaumul-qiyaamah, qaala ibliisu khatiiban ‘alaa minbarin min naar…”
Jika datang hari kiamat, yakni tatkala setelah ditegakkan hisab oleh Allah Subhaanahu wa ta’aalaa, Maka iblis pun berdiri di atas mimbar yang terbuat dari api neraka jahannam, berkhutbah, menyampaikan khutbah yang sangat menyentuh hati para pengikutnya, tatkala di hadapan mereka neraka jahannam.
Apa kata iblis?

innallaha wa`adakum wa`adal-haqq.
Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepada kalian janji yang benar

wa wa`adtukum fa-akhlaftukum
Adapun aku, aku telah menjanjikan kepada kalian akan tetapi aku ingkari janji-janjiku.

Wa maa kaana liya `alaykum min sulthaanin ilaa an da`awtukum fastajibtum lii.
Dan aku tidak punya kuasa kepada kalian sama sekali kecuali aku hanya sekedar menyeru kalian, mengajak kalian, dan kalian memenuhi panggilanku.

“Fa laa taluumuunii wa luumuu anfusakum”
Kata iblis, maka janganlah kalian mencelaku, celalah diri kalian sendiri.

“Maa anaa bimusrikhikum wa maa ana bimusrikhiy”
Aku tidak bisa menyelamatkan kalian dr neraka jahannam, dan kalian pun tidak bisa menyelamatkan aku.

“Innii kafartu bimaa asyraktumuunii min qabl”

bahkan aku sesungguhnya kafir kepada kesyirikan kepada kesyirikan yang kalian lakukan

Inaz-zhaalimiina lahum `adzaabun `aliim

Dan sesungguhnya orang-orang yang zhalim bagi mereka `azab yang pedih

Wa udzkhilalladziina aamanu wa `amilush-shaalihaati jannatin tajrii min tahtihal anhaar

Dan orang-orang yang beriman dan beramal shalih akan dimasukkan ke dalam surga-surga Allah Subhaanahu wa ta’aalaa yang di bawahnya mengalir sungai-sungai

Ikhwatal iimaan, saudara-saudaraku seiman.
Lihatlah bagaimana khotban iblis, isi khotbah iblis yang disampaikan kepada pengikutnya yang tatkala itu merekapun menangis mendengar khotbah iblis
Hati mereka tersentuh, tidak pernah mereka mendengar khotban yang seperti ini, dan tidak pernah mereka sadar mendengar khotbah selama mereka di dunia, terlalu banyak nasihat, khotbah yang disampaikan para dai dan ustadz namun tidak menyentuh mereka, tidak menyentuh hati mereka, tidak membuat mata mereka menangis.

Namun tatkala hari kiamat, tatkala mereka mendengar pimpinan mereka, iblis laktanutullahi alayhi, maka merekapun sadar.
Mereka tahu bahwa selama ini mereka telah diperdaya oleh iblis, yang telah menjerumuskan mereka dalam neraka jahannam.

Iblis di dalam khotbahnya berlepas diri dari kesalahannya, dia mengatakan
“Aku telah menjanjikan kepada kalian dan aku mengingkari janjiku”
Dan dia mengatakan pula, jangan kalian cela diriku, kalian cela saja diri kalian sendiri, saya hanya mengajak kalian dan kalian mengikuti (ajakan itu).

Tidak ada yang bisa saya lakukan bagi kalian, kalian tidak bisa menolongku, apalagi aku (tidak) bisa menolong kalian untuk keluar dari neraka jahannam.

Iblis berlepas diri dari para pengikutnya, dan ini merupakan kehinaan dan kesedihan yang amat parah yang dirasakan oleh para pengikut iblis

Bagaimana tidak, pimpinan mereka yang mereka harapkan akan menolong mereka malah berlepas diri dan ternyata ikut di-adzab oleh Allah Subhaanahu wa ta’aalaa

Dan ini diungkapkan tatkala neraka jahannam di hadapan mereka
Maut, siksaan, nyala api neraka nampak di hadapan mereka.
Iblis mengatakan “jangan kalian mencelaku, kalian cela saja diri kalian sendiri”

Bahkan iblis mengatakan “Innii kafartu bimaa asyraktumuunii min qablu”

Sesungguhnya aku ingkar dengan kesyirikan kalian, selama ini saya hanya menipu kalian. Kalian kenapa ikut?
Saya sekedar mengajak, kenapa kalian ikut? Cela diri kalian sendiri.

Dan yang lebih menyedihkan lagi setelah iblis tidak mau disalahkan, iblis menyatakan “innazh-zhaalimiina lahum `adzaabun aliim” sesungguhnya orang-orang yang zhalim, seperti kalian dan saya, kata iblis, bagi mereka `adzab yang sedih.

Bagaimana hati-hati mereka (para pengikut iblis) tidak sedih (mendengar khutbah ini), yang lebih menyedihkan lagi, sebagaimana perkataan sebagian salaf
Setelah itu iblis mengatakan “bahwasanya orang-orang yang beriman dan beramal shalih akan dimasukkan oleh Allah ke dalam surga-surga Allah”

Betapa tidak sedih (para pengikut iblis) tatkala mereka tahu mereka bakalan di `adzab oleh Allah Subhaanahu wa ta’aalaa dan (bahwasanya) ada kelompok manusia lain yang akan bahagia, kekal abadi di dalam surga-surga Allah Subhaanahu wa ta’aalaa

Saudara-saudara seiman, inilah khotbah iblis yang Allah abadikan dalam Al-Quran, semoga saya dan Anda tidak pernah mendengarkan khotbah ini.

Karena khotbah ini hanya didengar oleh para penghuni neraka, khotbah yang membuat mengalir air mata, khotbah yang membuat sadarnya mereka, akan tetapi kesadaran tersebut tidak ada manfaatnya.

Jangan sampai kita di dunia tidak bisa tersentuh hati kita oleh nasihat-nasihat dan khotbah-khotbah para dai, dan hanya bisa tersentuh hati kita tatkala mendengar khotbah iblis, wal’iyadzu billahi.

Semoga Allah menyelamatkan kita seluruhnya dari neraka jahannam, dan menyelamatkan kita seluruhnya dari tipu daya iblis yang senantiasa tidak henti-hentinya berusaha menjerumuskan kita agar bisa menemani dia di neraka jahnannnam.

Wabillahit-taufiiq wal-hidayah, wassalamu `alaykum warahmatullahi wa barakaatuhu

Sumber:

KHUTBAH IBLIS YANG SANGAT MENYENTUH HATI…

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *